PENDIDIKAN KEIMANAN SEBAGAI BASIS KECERDASAN SOSIAL PESERTA DIDIK DALAM PERSPEKTIF PSIKOLOGI ISLAMI

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkap arti penting keimanan dalam pendidikan sebagai basis kecerdasan sosial peserta didik meskipun tidak dapat diukur secara konkret melalui data kualitatif. Ranah afeksi ini menjadi tolok ukur keberhasilan proses pendidikan dalam Islam sebagaimana tujuan dari pendidikan Islam itu sendiri. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan, yaitu menelaah pokok masalah melalui literatur-literatur yang berkaitan dengan fokus masalah tersebut sehingga ditemukan simpulan sebagai berikut: Pertama, manusia diciptakan oleh Allah Swt terlahir sebagai pribadi yang membawa potensi kecerdasan sosial. Multi dimensi kecerdasan sosial yang dianugerahkan Allah Swt kepada manusia tidak lain bertujuan agar mampu mengemban tugasnya sebagai khalifah dan mengabadikan dirinya secara total kepada Allah Swt dalam wujud keimanan dan ketakwaan kepada Allah Swt; Kedua, Pendidikan keimanan menjadi hal yang penting dan utama diberikan kepada peserta didik, dengan cara: memperkenalkan nama Allah Swt dan Rasul-Nya; memberikan gambaran tentang siapa pencipta alam raya ini melalui kisah-kisah teladan; memperkenalkan ke-Maha-Agungan Allah Swt; dapat memberi sekaligus manjadi contoh bagi anak-anak baik dalam beribadah maupun bermuamalah; menghargai kemampuan yang dimiliki oleh anak; memposisikan mereka bukan sebagai objek namun sebagai mitra belajar; dan memberikan apresiasi yang positif atas segala kelebihan yang dimiliki oleh peserta didik.