IMPLEMENTASI PROGRAM PELATIHAN JABATAN PENGAWAS APARATUR SIPIL NEGARA
Abstract
ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan pelatihan pejabat pengawas aparatur sipil negara yang dilaksanakan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan studi dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di Pusat Pelatihan, Pengembangan dan Pemetaan Kompetensi ASN (Puslatbang PKASN) Lembaga Administrasi Negara Bandung. Hasil penelitian menggambarkan dua sub bahsan, yaitu kebijakan program pelatihan dan pelaksanaan program pelatihan. Implementasi program pelatihan pejabat pengawas sudah sesuai denga aturan, namun masih ada yang perlu diperbaiki terutama dalam efektivitas pelaksanaan dan output yang dihasilkan. Sehingga program pelatihan ini dapat berjalan sesuai dengan rencana dan memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan kinerja ASN di instansi masing-masing. Kata Kunci : Fasilitas Pendidikan, Komite Sekolah, Ruang Kelas Baru (RKB). ABSTRACT The purpose of this research is to deeply extrapolate community participation in the fulfillment of educational facilities in elementary schools. The research method used is qualitative method with case study approach. Data collection is done with interviews and documentation studies. This research was conducted at SDN Cicalengka 4 Bandung. The results describe five categories of community participation in the fulfillment of educational facilities, namely facility providers, development supervisors, the role of school committees, labor participation, fund participation. Of the five roles, the role of the school committee will certainly have a big impact in the fulfillment of educational facilities if functioned to the maximum. Keyword: Educational Facilities, School committees, New classroom.