MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA ANAK USIA DINI DALAM MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH

Abstract

Konsep bilangan adalah dasar matematika yang terdiri dari menghitung bilangan, menghubungkan benda, mengetahui banyaknya jumlah benda, berdasarkan observasi awal masih banyak anak yang terlihat kurang fokus pada materi yang telah disampaikan oleh guru bahkan ada yang tidak bisa menyebutkan urutan angka satu sampai sepuluh yang tidak berurutan yang diucapkan. Tujuan dari penelitian yang dilakukan ini untuk dapat meningkatkan pemahaman konsep bilangan dengan penerapan model Make a Match di RA Al-Karomah Desa Karangtanjung Kecamatan Cililin Kabupaten Bandung Barat. Pada penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang didalamnya terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan dan dan tahap refleksi yang terdiri dari 2 siklus. Hasilnya dari penelitian ini memperlihatkan adanya peningkatan pada kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak kelompok A di RA Al-Karomah. Data hasil penelitian mengenal konsep bilangan penerapan Make a Match dipaparkan sebagai berikut: pada Siklus I setelah dikakukan pertemuan yang pertama hasilnya kriteria belum berkembang sebesar 33,33%. Kriteria mulai berkembang pada pertemuan pertama 58,33%, pertemuan kedua 66,67%. Kriteria berkembang sesuai harapan pertemuan pertama 8,33% dan pada pertemuan kedua menjadi 33,33%. Selanjutnya Kriteria berkembang dengan baik tidak ada. Siklus II pada kriteria yang belum berkembang tidak ada. Kriteria mulai berkembang tidak ada. Kriteria yang berkembang sesuai harapan di pertemuan yang pertama sebesar 75%, kemudian menjadi 41,67%. Kriteria berkembang sangat baik pada pertemuan yang pertama sebesar 25% , pertemuan yang kedua menjadi 58,33%. Maka dari hasil tersebut dapat disimpulkan pemahaman konsep bilangan bisa ditingkatkan dengan cara menggunakan Make a Match.