PENGARUH PENGAPLIKASIAN METODE MNEMONIC TERHADAP DAYA INGAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adakah peningkatan kemampuan daya ingat belajar siswa, serta mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan daya ingat belajar siswa yang menggunakan metode mnemonic dan yang menggunakan metode konvensional pada subbab Syirkah pokok bahasan prinsip dan praktik ekonomi Islam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Darul Falah pada tahun ajaran 2021-2022. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Objek penelitian adalah siswa kelas XI. Hasil analisa untuk kelas eksperimen memiliki nilai sig sebesar 0,154, artinya tidak terdapat peningkatan yang signifikan. Sedangkan nilai persamaan regresinya bersifat positif yaitu Y=85.898 + 3.768x. Mengacu pada dasar pengambilan keputusan, meskipun tidak ada pengaruh signifikan nilai posttest dan N-Gain dari kelas eksperimen, tetapi memiliki hubungan positif namun bersifat lemah, hal tersebut dapat dilihat dari garis linier yang mengarah ke atas. Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah tidak terdapat perbedaan kemampuan daya ingat belajar siswa antara siswa yang menggunakan metode mnemonic dan siswa yang menggunakan metode konvensional. Tidak dapat dipungkuri terdapat faktor-faktor pendorong dan pendukung dari keberhasilan penerapan sebuah metode pembelajaran, demikian juga dengan penggunaan metode mnemonik. Jika faktor-faktor pendukung seperti motivasi belajar siswa dan kepiawaian guru dalam menerapkan metode ini, maka memiliki potensi dalam meningkatkan kemampuan daya ingat belajar siswa.