Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Tabungan Emas di Pegadaian dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Moderating

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan nasabah dalam menabung tabungan emas di Pegadaian dengan kepercayaan sebagai variabel moderating (Studi Pada PT. Pegadaian KC Talise Kota Palu). Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dengan menggunakan skala likert. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden yang diambil menggunakan metode rumus slovin. Dengan Moderated Regression Analysis (MRA). Data diolah dengan menggunakan alat bantu SPSS 26. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah menabung Tabungan Emas di Pegadaian KC Talise dan variabel Kepercayaan dapat memoderasi kualitas pelayanan terhadap keputusan nasabah menabung Tabungan Emas di Pegadaian KC Talise. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan bagi pegadaian agar menigkatkan penjualan dan iklan seperti menyebarkan spanduk, poster atau berkunjung di tempat keramaian untuk menjelaskan mengenai produk pegadaian dan membuat inovasi-inovasi baru agar menarik nasabah untuk menggunakan produk Tabungan Emas di Pegadaian KC Talise sehingga dapat mempengaruhi keputusan nasabah menggunakan produk tersebut.