Strategi Peningkatan Jumlah Nasabah Produk Tabungan Zaitun Di PT. BPRS Riyal Irsyadi
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi faktor internal dan eksternal, serta mengetahui strategi yang harus dilakukan oleh bank BPRS Riyal Irsyadi dalam meningkatkan jumlah nasabah pada produk tabungan zaitun. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif (field research) dengan pendekatan mix method serta penerapan analisis kualitatif SWOT dan kuantitatif analisis SWOT pada produk tabungan zaitun BPRS Riyal Irsyadi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara (interview), angket (kuisioner), dan dokumentasi. Narasumber dalam penelitian ini adalah karyawan BPRS Riyal Irsyadi dari bagian Marketing Funding. Hasil penelitian mengemukakan bahwa strategi pemasaran produk tabungan zaitun pada Bank BPRS Riyal Irsyadi dalam peningkatan jumlah nasabah yaitu melakukan layanan jemput bola (pick up service), memberikan pelayanan prima (service excellent), melakukan inovasi produk, penambahan jaringan kantor, modifikasi produk berbasis digital, serta menjadikan seluruh karyawan BSR sebagai “marketing funding”, memanfaatkan dan menggunakan media sosial untuk memasarkan produk-produk Bank Syariah Riyal. Selain itu, dalam memasarkan produknya diterapkan strategi bauran pemasaran (marketing mix) yang terdiri atas 4P yaitu Strategi produk (Product), strategi harga (Price), strategi tempat (Place), dan strategi promosi (Promotion). Hasil analisis SWOT menghasilkan empat alternatif strategi yang dapat dilakukan oleh BPRS Riyal Irsyadi yaitu Strategi SO, Strategi WO , Strategi ST , dan Strategi WT. Dengan ini strategi yang paling tepat dilakukan oleh BPRS Riyal Irsyadi dalam melakukan strategi yaitu mendukung strategi SO, yang merupakan situasi yang sangat menguntungkan bagi perusahaan.