Kompetensi Kepribadian Guru Dalam Pembiasaan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Anak Usia Dini

Abstract

Kompetensi kepribadian harus tertanam baik dalam diri seorang guru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kompetensi kepribadian guru dalam pembiasaan perilaku hidup bersih dan sehat anak usia dini. pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, subjek dalam penelitian ini menggunakan metode Perposive Sampling, dengan informan kunci adalah guru, sedangkan pengelola menjadi informan tambahan, jumlah informan dalam penelitian ini berjumlah dua orang dengan rincian 1 guru dan 1 orang pengelola KB Athfalul Aqib, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, teknik analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini pertama, kompetensi kepribadian guru belum optimal, ditandai dengan adanya penurunan etos kerja, kurangnya disiplin guru dalam melaksanakan kegiatan yang sudah direncanakan, kedua, faktor yang menyebabkan menurunnya kompetensi kepribadian guru disebabkan oleh faktor latar belakang pendidikan guru yang belum menjurus kepada pendidikan anak usia dini, minimnya sarana dan prasarana, disiplin dan supervisi. Ketiga, upaya yang perlu dilaksanakan dalam pengembangan kompetensi kepribadian guru dalam pembiasaan perilaku hidup bersih dan sehat anak usia dini, yakni guru mengikuti pelatihan, serta pengadaan sarana prasarana yang mencukupi, melaksanakan supervisi guru secara berkelanjutan dan memberikan penghargaan kepada guru yang memiliki prestasi yang baik.