Madrasah Sebagai Sistem Sosial Perspektif Talcott Parsons
Abstract
Seperti yang dikemukakan dari Parsons, bahwa teorinya mengedepankan analisis fungsi dan sistem menjabarkan secara detail berbagai kondisi-kondisi yang mendukung perkembangan dan kontinuitas kultur didalam sistem sosial masyarakat, walaupun jika suatu kultur tidak lagi sebagai sistem politik atau lembaga formal. Jika hal ini disangkut pautkan dengan pendidikan ataupun sekolah pasti mempunyai beberapa fungsi yakni: 1) Lembaga pendidikan sebagai sarana bersosialisasi. 2) Lembaga pendidikan sebagai ajang seleksi dan alokasi yang bisa memacu semangat dan motivasi. 3) Lembaga pendidikan sebagai peluang yang sama kepada siswanya. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa madrasah sebagai sistem sosial dari sudut pandang Talcott Parsons. Dalam pendekatan kajian menggunakan kualitatif deskriptif dan jenis kajiannya yakni kepustakaan. Teknik pengumpulan data yakni studi literatur (didapat dari berbagai sumber, buku, jurnal, pustaka, dokumentasi dan internet). Teknik analisis data menggunakan deskriptif analitik (menggambarkan pandangan Talcott Parsons secara sistematis mengenai madrasah sebagai sistem sosial). Hasil kajian menjelaskan sistem sosial itu sendiri merupakan sub sistem yang saling ketergantungan dan memiliki hubungan timbal balik. Didalam sistem itu sendiri memiliki fungsi dan perannya masing-masing. Madrasah sebagai sistem sosial, madrasah ialah sebuah lembaga pendidikan yang bernaungan dibawah naungan depertemen Agama. Yang didalamnya terdapat lapisan dan struktur masyarakat, walaupun dalam ruang lingkup yang kecil. Setiap lapisan yang ada di madrasah mempunyai peran dan fungsinya masing-masing, dari lapisan yang tertinggi sampai yang terendah. Seperti Kepala Madrasah yang berfungsi sebagai pengendali dan pemimpin madrasah dan petugas kebersihan sekolah yang berfungsi sebagai penanggung jawab terhadap kebersihan madrasah.