UPAYA GURU DALAM KEBERHASILAN BELAJAR SKI SISWA DI MTS NEGERI 3 PAMEKASAN (SUMBER BUNGUR)

Abstract

Abstrak Ach. Laily, 2019. Upaya Guru dalam Keberhasilan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Negeri 3 Pamekasan (Sumber Bungur), Sikripsi, Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam, IAIN Madura, Pembimbing Dr. Hj. Mariatul Qibtiyah, M.Ag Kata kunci: Guru, Keberhasilan Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam.   Ada dua fokus penelitian yang menjadi pokok dalam penelitian ini, (1) mengetahui upaya yang dilakukan guru dalam keberhasilan belajar SKI siswa MTs Negeri 3  Pamekasan (Sumber Bungur), (2) untuk mengetahui faktor faktor penunjang dan penghambat upaya guru dalam keberhasilan belajar SKI siswa MTs Negeri 3  Pamekasan (Sumber Bungur). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui   wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah jajaran pengasuh, ustadz, wali santri dan santri.  Sedangkan  pengecekan  keabsahan  data  dilakukan  melalui perpanjangan  keikutsertaan,  ketekunan  pengamatan,  triangulasi,  analisis kasus negatif dan uraian rinci. . Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan keberhasilan belajar SKI siswa MTs Negeri 3  Sumber Bungur Pakong Pamekasan, di antaranya adalah melakukan penyusunan rencaa pelaksanaan pembelajaran, penguasaan materi pelajaran, pemilihan metode pembelajaran secara tepat dan variatif, pemanfaatan media dan sumber belajar, pelaksanaan evaluasi, memberikan tugas-tugas, mengadakan pengarahan-pengarahan dan memberikan bantuan kepada siswa dengan senantiasa memecahkan permasalahan-permasalahan yang dihadapi, (2) faktor penunjang upaya guru dalam keberhasilan belajar SKI siswa adalah adanya kemauan kuat siswa untuk belajar, dan faktor penghambat upaya guru dalam keberhasilan belajar SKI siswa adalah terbatasnya sarana dan prasarana, seperti buku-buku penunjang yang ada di perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar bagi siswa, terbatasnya media pembelajaran, dan rendahnya tingkat profesionalitas guru SKI.   Abstract ACh. Laily, 2019. Teacher's Efforts in Student Learning Success in Islamic Cultural History Subjects in MTs Negeri 3 Pamekasan (Source of Bungur), Thesis, Department of Tarbiyah Islamic Religious Education Study Program, IAIN Madura, Supervisor Dr. Hj. Mariatul Qibtiyah, M.Ag Keywords: Teacher, Learning Success, History of Islamic Culture. There are two research focuses that became the main focus in this study, (1) knowing the efforts made by teachers in the success of learning SKI students of MTs Negeri 3 Pamekasan (Source Bungur), (2) to find out the factors supporting and inhibiting the efforts of teachers in the success of learning SKI students MTs Negeri 3 Pamekasan (Sumber Bungur). This research uses a qualitative approach with descriptive type. Sources of data obtained through interviews, observation and documentation. The information is the ranks of caregivers, religious teachers, guardians of students and students. While checking the validity of the data is done through extended participation, perseverance of observation, triangulation, negative case analysis and detailed description. . The results showed that (1) the efforts made by the teacher in improving the learning success of SKI students of MTs Negeri 3 Sumber Bungur Pakong Pamekasan, among others, were to make a plan for the implementation of learning, mastery of subject matter, selection of appropriate and varied learning methods, use of media and resources learning, conducting evaluations, giving assignments, holding directives and providing assistance to students by always solving problems faced, (2) supporting factors of teacher efforts in the success of students learning SKI is the strong will of students to learn, and factors inhibiting the efforts of teachers in the success of student SKI learning is the limited facilities and infrastructure, such as supporting books in the school library as a source of learning for students, the limited learning media, and the low level of professionalism of SKI teachers.