KONTRIBUSI PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Abstract

ini bertujuan mendeskripsikan kontribusi penilaian autentik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan dengan pengumpulan data melalui pengumpulan informasi dari buku dan artikel. Penilaian autentik sendiri adalah penilaian komprehensif yang menilai aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. PAI adalah sebuah mata pelajaran yang berupaya mendidik dan mengajarkan agama Islam agar peserta didik menghayati dan mengamalkannya dalam kehidupan. Penilaian autentik tidak hanya menilai hasil belajar peserta didik setelah pembelajarn selesai, tetapi dalam proses pembelajaran, baik di kelas maupun di luar kelas. Kontribusi yang penilaian autentik dalam PAI terdiri atas empat hal. Pertama adalah pengukuran secara langsung terhadap kinerja peserta didik sebagai indikator capaian kompetensi yang dibelajarkan. Kedua adalah memberi kesempatan peserta didik untuk mengonstruksikan hasil belajarnya. Ketiga adalah terintegrasinya kegiatan pembelajaran dan penilaian menjadi satu paket kegiatan yang terpadu. Keempat adalah memberi kesempatan peserta didik menampilkan hasil belajarnya, unjuk kerjanya dengan cara yang dianggap paling baik.