DIMENSI AKSIOLOGIS PENDIDIKAN ISLAM DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM

Abstract

aksiologi termasuk bagian dariĀ  filsafat yang membahas hakikat dari nilai. Nilai bisa disebut dengan suatu hal yang berharga, karena seorang individuĀ  tanpa nilai diibaratkan sebagai hewan. Ada dua bagian dalam aksiologi, yaitu etika yang berkaitan dengan benar dan salah serta estetika yang berkaitan dengan keidahan. Pendidikan Islam khususnya diorientasikan bukan sebatas transfer pengetahuan saja melainkanĀ  juga harus menanamkan nilai-nilai dalam diri peserta didik. sehingga tujan pendidikan Islam untuk menjadi manusia yang sebenarnya bisa tercapai, yaitu sebagai khalifah di muka bumi sekaligus menjadi seorang hamba. Penggunaan metode pengajaran, keteladanan serta pembiasaan dapat dilakukan sebagai wujud pengimplementasian nilai-nilai dalam pendidikan Islam. Di samping itu, penerapan VCT atau Value Clarification Technique bisa dijadikan sebagai model pembelajaran dalam menanamkan nilai