The Libat Method to Improve Qur'anic Learning Ability

Abstract

The background of this research begins with students' low learning ability, which has an impact on learning outcomes to be low. This study is related to Islamic Education subjects in the scope of reading and writing the Qur'an. Therefore, this study aims to improve students' ability to read and write the Qur'an through Libat method. The research method used in this research is the Classroom Action Research method. The results were quite satisfactory; about 83% of students had an increased ability to read and write the Qur'an from two cycles. So it can be said that the entangling method can improve students' ability to read and write the Qur'an.Latar belakang penelitian ini diawali oleh rendahnya kemampuan belajar siswa yang berdampak hasil belajar menjadi rendah, dalam penelitian ini berkaitan dengan mata pelajaran Islamic Education dalam lingkup materi membaca dan menulis Al-qur`an. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk upaya meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-qur`an pada peserta didik melalui metode Libat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Classroom Action Research atau yang dikenal dengan penelitian tindakan kelas. Adapun hasil temuannya setelah diterapkan metode Libat, memiliki hasil yang cukup memuaskan sekitar 83% peserta didik memiliki peningkatan di dalam kemampuan membaca dan menulis Al-qur`an, hal itu dapat dilihat dari setiap dan antar siklus. Sehingga dapat dikatakan bahwa metode Libat mampu meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-qur`an pada peserta didik.