Teknik Analisis Data Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif Dalam Ruang Lingkup Manajemen Pendidikan

Abstract

Analisis data pada penelitian ilmiah baik kualitatif maupun kuantitatif merupakan faktor utama dalam keberhasilan penelitian. Tujuan makalah ini adalah untuk mengetahui teknik analisis data penelitian kualitatif dan kuantitatif dalam ruang lingkup manajemen pendidikan. Pendekatan dalam makalah ini menggunakan studi kepustakaan, teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, yakni buku-buku terdahulu yang berkaitan dengan tema pada makalah ini serta artikel-artikel ilmiah yang terpublikasi secara online, teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dalam makalah ini pertama penelitian kualitatif melibatkan pengumpulan dan analisis data nonnumerik, seperti wawancara, observasi, atau analisis teks, hasil analisis kualitatif ini memberikan pemahaman yang mendalam tentang perspektif subjek penelitian dan membantu mengembangkan teori baru atau memperkuat teori yang ada, kedua penelitian kuantitatif melibatkan pengumpulan dan analisis data numerik, yang biasanya diperoleh melalui survei, pengukuran, atau eksperimen, analisis data kuantitatif melibatkan penggunaan statistik dan metode matematika lainnya untuk menguji hipotesis, mengidentifikasi pola, dan membuat generalisasi tentang populasi yang lebih luas, teknik analisis data kuantitatif yang umum digunakan antara lain analisis regresi, analisis varians, atau analisis faktor