Representasi Kecantikan pada Iklan Somethinc x Lifni Sanders 2020

Abstract

Kajian ini menyoal tentang representasi kecantikan pada iklan Somethinc x Lifni Sanders 2020.  Di tengah fenomena iklan produk kecantikan menawarkan standar kecantikan dengan orientasi kecantikan fisik, berbeda dengan iklan produk Somethinc. Model analisis semiotika Charles Sanders Pierce yakni triangle meaning digunakan untuk mendefiniskan tanda yaitu representamen, objek dan Interpretan yang difokuskan pada visual gambar dan bahasa teks. Kajian diharapkan mampu mengeksplorasi representasi kecantikan dalam iklan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecantikan pada iklan Somethinc x Lifni Sanders 2020  direpresentasikan dengan kepercayaan diri dan tidak menghiraukan penilaian orang lain. Sebagai anugerah Tuhan sejak perempuan dilahirkan maka kecantikan tidak didasarkan pada warna kulit, jenis rambut dan lain-lain. Kecantikan juga didefinisikan menjadi dirinya sendiri dan mereka yang berjiwa sosial.