Pengaruh Metode Proyek Berkebun Terhadap Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini di PAUD IT Az Zahra Rancamanyar

Abstract

Anak usia dini merupakan individu dengan potensi kecerdasan jamak yang masih berkembang, dari sembilan kecerdasan jamak yang dikemukakan Gardner, pada penelitian ini mengkhususkan pada kecerdasan naturalis anak usia dini. Maka dari itu diperlukan suatu metode pembelajaran yang tepat untuk mengembangkan kecerdasan naturalis ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan metode proyek berkebun terhadap kecerdasan naturalis anak di PAUD IT Az Zahra. Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif dengan model Regresi Linier Sedehana. Jumlah populasi dan sampel adalah 41 anak, dengan teknik pengumpulan data berupa angket, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian dan pengujian hipotesis yang telah dilakukan menunjukkan bahwa nilai variabel X yakni tentang Metode Proyek Berkebun adalah 3,61 dan nilai variabel Y yakni tentang Kecerdasan Naturalis Anak di PAUD IT Az Zahra Rancamanyar adalah 3,785. Sehingga terdapat perbedaan yang signifikan dari penggunaan metode proyek berkebun terhadap kecerdasan naturalis. Pengaruh metode proyek berkebun terhadap kecerdasan naturalis anak usia dini di PAUD IT Az Zahra Rancamanyar adalah 68,7241%, oleh karena itu, masih ada faktor-faktor lain yang mempengaruhi terhadap kecerdasan naturalis anak sebesar 31,2759% baik dari segi faktor internal maupun faktor external.