Penerapan Asupan Gizi Seimbang Untuk Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Pemberian Makanan Tambahan Di RA Tunas Harapan Ranca Emas

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan asupan gizi seimbang melalui kegiatan pemberian makanan tambahan di RA Tunas Harapan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, dengan Teknik   pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari temuan penerapan asupan gizi seimbang ini melalui kegiatan pemberian makanan tambahan, yang melibatkan satu orang tua persatu kelas yang disebut dengan koordinator kelas. Kesimpulan dari penelitian ini, peran asupan gizi di RA Tunas Harapan terdiri dari pengertian gizi, pilar gizi seimbang, pemberian makanan tambahan, menyediakan menu yang beraneka ragam. Dengan tujuan, membiasakan mengonsumsi makanan yang sehat, bergizi dan seimbang.  Manfaatnya memperbaiki pola makan anak dan mengubah kebiasaan anak dalam mengonsumsi makanan siap saji. Pelaksanaan, sesuai dengan pedoman yang sudah dibuat. Pemberian makanan tambahan diberikan setiap satu bulan sekali dengan dilaksanakannya pemberian makanan tambahan mengacu pada pedoman pelaksanaan program layanan Holistik Integratif.