Keterlibatan Orang Tua dalam Mendeteksi Dini ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) pada Anak Usia 3-6 Tahun

Abstract

Dalam pendidikan anak usia dini, keterlibatan orang tua sangat diperlukan sebagai bentuk perhatian orang tua kepada anaknya. Salah satu bentuk keterlibatan orang tua pada pendidikan anak usia dini yaitu dalam mendeteksi dini gangguan yang dialami oleh anak yaitu ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk keterlibatan orang tua dalam mendeteksi dini ADHD pada anak serta gambaran deteksi dini ADHD pada anak usia 3-6 tahun di RA Alhidayah Logam Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterlibatan orang tua dalam mendeteksi dini ADHD pada anak usia 3-6 tahun dilakukan melalui tiga bentuk yang pertama pengetahuan dan keterampilan, komunikasi antara rumah dan sekolah, mendukung siswa belajar di rumah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat tiga bentuk keterlibatan orang tua dalam mendeteksi dini ADHD pada anak usia 3-6 tahun yaitu pengetahuan orang tua mengenal dan memahami ADHD pada anak, komunikasi antara orang tua dan guru tentang perilaku serta perkembangan anak selama di rumah dan sekolah, dan pemberian stimulus yang dilakukan oleh orang tua kepada anaknya di rumah.