Implementasi Assesmen Pembelajaran Di RA Arif Rahman Hakim Maguwoharjo Sleman Yogyakarta
Abstract
Assesmen sangat penting dalam sebuah lembaga pendidikan khususnya lembaga pendidikan anak usia dini karena karena untuk mengetahui capaian perkembangan anak sangat di butuhkan assesmen sebagai alat ukurnya untuk mengetahui tingkat perkembangan anak. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui bagaimana proses assesmen di RA Arif Rahman Hakim Maguwoharjo Sleman Yogyakarta dalam proses pembelajaran. Metode dalam pengumpulan data menggunakan pendekatan kualitatif, yang dimana untuk mendapatkan data yang akurat peneliti melakukan observasi, wawancara dan dokumen analisis, dengan pengolahan data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, displai data dan Pengambilan kesimpulan. Hasil dari penelitianyang dilkuakan dalam proses asssesmen pembelajaran atau penilaian yang dilkukan oleh guru menggukan dua bentuk atau dua alat penilaian yang berupa (1) penilaian sekala capaian perkembangan anak dan (2) catatan anekdot. Bentuk pelaporanya dilaporkan selama 6 bulan sekali atau setiap per semester lain dari itu terdapat pelaporan hasil belajar anak yang dilakukan setaiaphari baik berupa bertemu langsung dengan orang tua maupun lewat media sosial whatsapp.