Studi Komparasi Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di Madrasah

Abstract

Kurikulum merupakan sebuah hal yang mendasar dalam sebuah pelaksanaan pembelajaran. Kurikulum sebagai sebuah perencanaan yang mengarah kepada tujuan pendidikan nasional mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Transformasi kurikulum didasarkan kepada relevanitasnya dalam merespon perkembangan zaman dan ilmu pengetahun Perubahan kurikulum pada era ini dari kurikulum 2013 menuju kurikulum  merdeka berdampak pada  pembelajaran  khususnya  bahasa Arab. Dalam implementasi pembelajaran bahasa Arab yang pada kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka terdapat berbagai perbedaan di mulai dari kompetensi inti dan dasar setiap jenjang kelas berubah menjadi pembelajaran setiap fase dengan capaian pembelajaran, pengembangan alur tujuan pembelajaran, hingga modul ajar yang memiliki fungsi yang sama dengan RPP namun terdapat komponen yang lebih kompleks.  Asesmen pembelajaran bahasa Arab pada kurikulum 2013 memisahkan nilai pengetahuan dan keterampilan serta menggunakan KKM sebagai penentu ketuntasan. Namun dalam kurikulum merdeka yang mana di dalamnya terdapat asesmen formatif dan sumatif, tidak memisahkan penilaian pengetahuan dan keterampilan. Kriteria ketuntasan dalam kurikulum merdeka  menggunkan KKTP (kriteria ketuntasan tujuan pembelajaran) bukan lagi menggunakan KKM (kriteria ketuntasan minimum)