Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Al-Qur’an Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri I Ulubelu Kecamatan Ulubelu Kabupaten Tanggamus

Abstract

Secara khusus, ada tiga faktor yang cukup penting dalam mempengaruhi motivasi belajar peserta didik dalam memperoleh pengetahuan. Faktor faktor tersebut adalah : (1) Faktor internal, yaitu keadaan atau kondisi jasmani dan rohani siswa, (2) faktor eksternal, yaitu kondisi lingkungan di sekitar peserta didik, (3) faktor pendekatan belajar, yaitu strategi dan metode belajar siswa untuk melakukan kegiatan proses belajar. Penulis menggunakan jenis penelitian lapangan yang dalam Bahasa inggris disebut dengan field research. Dalam penelitian ini, penulis melakukan kegiatan praktek pengalaman lapangan di SMP Negeri 1 Ulubelu sebagai tempat pengumpulan data. Penelitian ini dilakukan dalam jangka waktu satu bulan yang berlangsung dari Bulan 16 Februari tahun 2023 sampai 16 Maret tahun 2023. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan Teknik “purposive sampling” Diperlukan upaya yang harus diterapkan karena ketertarikan siswa dalam mempelajari Al-Qur’an masih kurang. untuk menemukan solusi maka yang harus diperhatikan adalah tujuan yang pasti karena sebelum menentukan upaya yang akan dilakukan harus merumuskan tujuan yang jelas, upaya adalah suatu Langkah kongkrit yang diambil oleh pendidik dalam menumbuhkan minat belajar. Motivasi belajar baca Al-Qur’an dapat dilakukan dengan melalui dua cara yaitu: a. melalui motivasi intrinsik dengan cara menumbuhkan minat serta memberi dorongan/support kepada siswa. b. melalui motivasi ekstrinsik dengan cara Menciptakan suasana yang menyenangkan dalam belajar, memberikan Pujian dan Komentar, memberikan hadiah, mengadakan kompetisi dan persaingan sehat antar siswa