PERAN ORANG TUA DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH
Abstract
The current pandemic condition means that the learning process is carried out using a remote system. Children learn from home and are guided by their parents, the educational process must not stop even though it is a pandemic. With this, the role of parents at this time is prioritized especially in implementing character education for children during the distance learning period and parents are required to play their current role during the pandemic in implementing character education at home. This research is in the form of qualitative with the literature study method in finding related data and a descriptive-analytic process is carried out. The results of this study suggest three roles of parents in implementing character education, namely the role of parents as educators, motivators for their children, and providing strong role models. This needs to be done with strong intentions and a frequent habituation process.Keywords: Role, Parents, Education, CharacterAbstrakKondisi pandemi saat ini menjadikan proses pembelajaran dilakukan dengan sistem jarak jauh. Anak belajar dari rumah dan dibimbing oleh orang tuanya, proses pendidikan tidak boleh berhenti meskipun sedang masa pandemi. Dengan hal tersebut peran orang tua pada masa ini sangat diprioritaskan khusnya dalam mengimplementasikan pendidikan karakter kepada anak pada masa pembelajaran jarak jauh dan orang tua dituntut perannya saat ini dikala pandemi dalam pengimplementasian pendidikan karakter di rumah. Penelitian ini berbentuk kualitatif dengan metode studi pustaka dalam menemukan data-data terkait dan dilakukan proses deskriptif analitik. Hasil pada penelitian ini mengemukakan tiga peran orang tua dalam mengimplementasikan pendidikan karakter yakni peran orang tua sebagai pendidik, motivator bagi anaknya dan memberikan keteladan yang kuat. Hal tersebut perlu dilakukan dengan niatan yang kuat dan proses pembiasaan yang sering dilakukan.Kata Kunci: Peran, Orang Tua, Pendidikan, Karakter