PENGARUH RELIGIUSITAS DAN PENGETAHUAN PERBANKAN SYARIAH TERHADAP MINAT MENJADI NASABAH BNI SYARIAH KC SUKABUMI
Abstract
This study aims to see the effect of religiosity and knowledge of Islamic banking on the interest in becoming a customer of Islamic banks. This study uses an associative quantitative approach using a questionnaire distributed to 100 samples with purposive sampling technique which has criteria as active customers of BNI Syariah KC Sukabumi. Testing instruments in research using validity and reliability tests, data analysis techniques using descriptive analysis, using classic assumption tests consisting of normality test, multicollinearity test, and heteroscedasticity test and multiple linear regression analysis consisting of hypothesis testing (t test and F test) and analysis of the coefficient of determination (R2). The results showed that: (1) Religiosity has a positive effect on customer interest; (2) Banking knowledge has a positive effect on the interest in becoming a customer of Islamic banks; and (3) Religiosity and banking knowledge have a positive effect on customer interest (4) The magnitude of the influence of Religiosity and Banking Knowledge on the interest in becoming a customer is evidenced by the adjusted value R square of 0.442 indicating that the ability of the Independen variable to explain the dependent variable is 44.2% and the remaining 55.8% applies to other variables outside this research model.Keywords: Customer Interest; Knowledge; Religiosity Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh religiusitas dan pengetahuan perbankan syariah terhadap minat menjadi nasabah bank syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 100 sampel dengan teknik pengambilan sampel Purposive sampling yang memiliki kriteria sebagai nasabah aktif BNI Syariah KC Sukabumi. Pengujian instrumen dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan reliabilitas, teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, menggunakan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas dan analisis regresi linier berganda yang terdiri dari uji hipotesis (uji t dan uji F) dan analisis koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Religiusitas berpengaruh positif terhadap minat menjadi nasabah; (2) Pengetahuan perbankan berpengaruh positif terhadap minat menjadi nasabah bank syariah; dan (3) Religiusitas dan Pengetahuan perbankan berpengaruh positif terhadap minat menjadi nasabah (4) Besarnya pengaruh Religiusitas dan Pengetahuan Perbankan terhadap minat menjadi nasabah dibuktikan dengan nilai adjusted R square sebesar 0,442 menunjukkan bahwa kemampuan variabel independen dalam menjelaskan variasi variabel dependen adalah sebesar 44,2% dan sisanya sebesar 55,8% dijelaskan oleh variabel lain di luar model penelitian ini. Kata kunci : Religiusitas; Pengetahuan; Minat