PENTINGNYA KOLABORASI ANTARA GURU DAN ORANG TUA SISWA SERTA MASYARAKAT PADA PENDIDIKAN TAMAN KANAK-KANAK

Abstract

Education is a shared responsibility between teachers, parents and the community. Good cooperation is needed in achieving these educational goals, but not all parents and the community understand their responsibilities in achieving educational goals. The purpose of this study was to analyze the benefits of collaboration between teachers and parents in achieving educational goals in Kindergarten. The method used in this research is a qualitative method. The study was conducted in three kindergartens in the city of Bandung with purposive sampling consisting of principals, teachers and parents of students. The results showed that collaboration between teachers and parents was carried out with parenting activities and school committees. In the two kindergartens observed, parenting activities are understood only as Parenting Education activities, whereas the main parenting activity is to link the Kindergarten program with the home program. This is important, to create harmony, linkages and mutually supportive cooperation in providing quality services to students. The collaboration between teachers and parents is still not optimal, even though it is very useful in an effort to develop the potential of students optimally and all students are well served without exception, so that early childhood education services really occur as a whole.  Keywords: Parenting activities; Teacher and parent collaboration; Kindergarten Abstrak Pendidikan merupakan tanggung jawab bersama antara guru, orang tua dan masyarakat. Kerjasama yang baik sangat dibutuhkan dalam mencapai tujuan pendidikan tersebut, namun belum semua orang tua siswa dan masyarakat memahami tanggung jawabnya dalam mencapai tujuan pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis manfaat kolaborasi antara guru dan orang tua siswa dalam mencapai tujuan pendidikan pada Taman Kanak-kanak. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kualitatif. Penelitian dilakukan di tiga Taman Kanak-kanak di kota Bandung dengan pengambilan sampel secara purposive yang terdiri dari kepala sekolah, guru dan orang tua siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kolaborasi antara guru, dan orang tua siswa dilakukan dengan kegiatan parenting dan komite sekolah.  Di dua Taman Kanak-kanak yang diobservasi, kegiatan parenting dipahami hanya sebagai kegiatan Parenting Education saja, padahal kegiatan parenting yang utama adalah menghubungkan antara program Taman Kanak-kanak dengan program rumah. Ini merupakan hal yang penting, untuk menciptakan keselarasan, keterkaitan dan kerjasama saling mendukung dalam memberi layanan bermutu terhadap peserta didik. Kerja sama antara guru dan orang tua siswa yang dilakukan masih belum maksimal, padahal sangat bermanfaat dalam upaya   mengembangkan potensi anak didik dengan optimal dan semua peserta didik terlayani dengan baik tanpa terkecuali, sehingga pelayanan pendidikan anak usia dini benar-benar terjadi secara menyeluruh. Kata Kunci: Kegiatan parenting; Kolaborasi guru dan Orang tua siswa; Taman Kanak-kanak