Pengaruh Layanan Konseling Kelompok terhadap Kedisiplinan Belajar pada Siswa Kelas X SMA Ali Maksum Yogyakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas X SMA Ali Maksum Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Ali Maksum yang memiliki kedisiplinan belajar yang rendah. Sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 40 siswa. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan teknik purposive sampling, yaitu penentuan sampel berdasarkan karakteristik yang telah ditentukan yaitu siswa kelas X SMA Ali Maksum Yogyakarta yang memiliki kedisiplinan belajar yang rendah. Teknik pengumpulan data melalui Pre-Test dan Post-Test. Pre-Test dilakukan untuk mengumpulkan data sebelum dilakukan Treatment. Pelaksanaannya dilakukan dengan menggunakan angket kedisiplinan siwa dengan skala Likert. Hasil penelitian ini adalah adanya pengaruh positif dari layanan konseling kelompok terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas X SMA Ali Maksum.