Peningkatan Kecerdasan Spiritual (Studi Kasus Upaya SMP Nurul Qomar Palembang)
Abstract
Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui upaya-upaya apa sajakah yang mendukung kecerdasan spiritual siswa di SMP Nurul Qomar Palembang 2) untuk mengetahui hasil penerapan upaya-upaya kecerdasan spiritual siswa di SMP Nurul Qomar Palembang. Penyelidikan ini bersifat kualitatif, berupa kerja lapangan. Peneliti menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Metode reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dari data merupakan bagian dari pendekatan analisis kualitatif Miles dan Huberman. Adapun hasilnya adalah 1) Bentuk upaya meningkatan kecerdasan sipiritual seperti sholat berjamaah di masjid bertujuan mendekatkan siswa dekat dengan Allah swt, Hafalan al-quran yang disetorkan serta mengulang-ulang bacaan dan memahami makna dapat meningkatkan kesabaran siswa dan meningkatkan keimanannya dan pada hari senin kamis kegiatan kultum dengan berbagai macam tema keagamaan yang dilakukan siswa-siswi disekolah. Kegiatan-kegiatan keagamaan tersebut akan membuat siswa-siswi istiqomah, dengan begitu siswa dapat mengaplikasikan kegiatan yang positif dikehidupan sehari-hari. 2) kegiatan yang dilaksanakan disekolah berdampak positif terhadap kecerdasan spiritual siswa, seperti meningkatnya keimanan, ketaqwaan, dan kedisiplinan siswa, serta tumbuhnya dalam diri siswa sifat sabar, jujur, dan istiqomah dalam menambah maupun menjaga hafalannya. Kata Kunci : Peningkatan, Kecerdasan Spiritual dan Siswa.