PENGARUH KINERJA GURU DAN MANAJEMEN KURIKULUM TERHADAP MUTU LULUSAN DI MTsN 4 BATANG HARI

Abstract

Adapun tujuan dari penelitian ini untuk (1) mengetahui danmenganalisis apakah kinerja guru berpengaruh terhadap mutululusan di MTsN 4 Batanghari (2) mengetahui danmenganalisis apakah manajemen kurikulum berpengaruh terhadap mutu lulusan di MTsN 4 Batanghari (3)mengetahui dan menganalisis apakah kinerja guru dan manajemenkurikulum secara simultan berpengaruh terhadap mutu lulusan di MTsN 4 Batanghari.Riset ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei, di mana seluruh populasi merupakan bagian dari sampel yang berjumlah 20 orang guru di MTsN 4 Batanghari. Instrumen yang digunakan adalah angket. Hipotesis peneltian adalah bahwa ada pengaruh signifikan kinerja guru dan manajemen kurikulum terhadap mutu lulusan baik secara parsial maupun simultan.Hasil uji hipotesis secara parsial menunjukan ada pengaruh kinerja guru terhadap mutu lulusan, berdasarkan uji t menunjukan hasil thitung > ttabel (3,149 > 1,739). Selanjutnya uji parsial juga membuktikan ada pengaruh antara manajemen kurikulum dengan mutu lulusan. Hasil uji t, thitung > ttabel (2,212 > 1,739). Terakhir secara simultan dengan uji F, menunjukkan bahwa Fhitung > Ftabel (78,792>3,59) berarti bahwa ada pengaruh signifikan secara simultan kinerja guru dan manajemen kurikulum terhadap mutu lulusan di MTsN 4 Batanghari. Abstract The purpose of this research is to (1) find out and analyze whether teacher performance affects the quality of graduates at MTsN 4 Batanghari (2) determine and analyze whether curriculum management affects the quality of graduates at MTsN 4 Batanghari (3) determine and analyze whether teacher performance and curriculum management simultaneously affects the quality of graduates at MTsN 4 Batanghari.This research is a quantitative research with a survey approach, in which the entire population is part of a sample of 20 teachers at MTsN 4 Batanghari. The instrument used was a questionnaire. The research hypothesis is that there is a significant effect of teacher performance and curriculum management on the quality of graduates either partially or simultaneously.The results of the hypothesis test partially show that there is an effect of teacher performance on the quality of graduates, based on the t test shows the results of tcount> ttable (3.149> 1.739). Furthermore, the partial test also proves that there is an influence between curriculum management and the quality of graduates. The result of t test, t count> t table (2,212> 1,739). Finally, simultaneously with the F test, it shows that Fcount> Ftable (78.792> 3.59) means that there is a simultaneous significant influence on teacher performance and curriculum management on the quality of graduates at MTsN 4 Batanghari.