PENGARUH METODE KERJA KELOMPOK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MTSN 1 BATANGHARI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui pengaruh metode kerja kelompok terhadap motivasi belajar siswa di MTsN 1 Batanghari. Metode pengumpulan data melalui dokumentasi dan kuisioner. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi liner sederhana, koefisien determinasi dan uji t melalui bantuan aplikasi SPSS versi 20.Hasil penelitian melalui analisis regresi liner sederhana didapat persamaan yaitu Y=21.400+0,628(X). hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh positif metode kerja kelompok terhadap motivasi belajar siswa. Jika variabel metode kerja kelompok (X) adalah 0, maka motivasi belajar siswa (Y) akan tetap sebesar 21.400. tetapi jika variabel metode kerja kelompok naik dalam satu satuan, maka variabel motivasi belajar juga akan naik dengan peningkatan sebesar 0,628. Selanjutnya dalam uji t juga ditemukan bahwa nilai thitung> ttabel (6,431 > 1,671) dengan pengujian α=5%. Maka secara parsial terdapat pengaruh metode kerja kelompok terhadap motivasi belajar siswa di MTisN 1 Batanghari. nilai koefisien determinasi atau R2 didapat sebesar 0,416. Ini menunjukkan bahwa sumbangan pengaruh metode kerja kelompok terhadap motivasi belajar siswa sebesar 41,6% sedangkan sisanya (100-41,6=58,4) 58,4% disumbangkan oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini   Abstract This study aims to determine the effect of group work methods on student motivation at MTsN 1 Batanghari. Methods of data collection through documentation and questionnaires. The data analysis technique used simple linear regression analysis, the coefficient of determination and the t test with the help of the SPSS version 20 application.The results of the study through simple linear regression analysis obtained the equation, namely Y = 21,400 + 0.628 (X). This proves that there is a positive effect of group work methods on student learning motivation. If the group work method variable (X) is 0, then the student learning motivation (Y) will remain at 21,400. but if the variable of the group work method increases in one unit, the learning motivation variable will also increase with an increase of 0.628. Furthermore, in the t test it was also found that the value of tcount> ttable (6.431> 1.671) with a test of α = 5%. So partially there is an effect of group work methods on student motivation at MTisN 1 Batanghari. the value of the coefficient of determination or R2 obtained is 0.416. This shows that the contribution of the effect of group work methods on student learning motivation is 41.6%, while the rest (100-41.6 = 58.4) 58.4% is contributed by other factors not included in this research model.