Method of Babussa’adah Madinatuddiniyah Boarding School in Religious Community Development in Teupin Gajah Village, Pasie Raja Sub-District, Aceh Selatan District

Abstract

pesantren memiliki peran yang sangat besar sebagai lembaga pendidikan Islam dalam masyarakat, yang bertujuan mendidik santri dan masyarakat menjadi manusia yang paham akan ajaran Islam serta konsisten dengan pengamalannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode dan partisipasi pesantren Madinatuddiniyah Babussa’adah dalam membina masyarakat desa Teupin Gajah menjadi masyarakat yang Islami serta mampu mengamalkan ajaran Islam dengan baik. Untuk mencapai hal tersebut, maka dalam penelitian ini penulis mengunakan metode deskriptis analisis yaitu metode pembahasan yang bersifat pencatatan, penafsiran, penguraian dan penganalisaan terhadap data-data yang terkumpul. teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, mengedarkan angket, dan dokumentasi, yang berguna untuk mendapatkan data di lapangan. Selanjutnya data tersebut dianalisa dengan menggunakan rumus persen dan hasilnya menunjukkan bahwa Pesantren Madinah Tuddiniyah Babussa’adah sudah memainkan peranannya dengan sangat baik dan menggunakan metode yang sangat tepat  dalam membina pendidikan masyarakat Desa Teupin Gajah dengan menyelenggarakan kegiatan pengajian kitab-kitab fiqh yang dilaksanakan dua kali dalam semiggu serta turut berpatisipasi dalam setiap kegiatan sosial keagamaan dan kemasyarakatan seperti walimatul ’urusy, tajhiz mayat, penyelesaian konflik dalam masyarakat, faraidh dan lain-lain.