REPRESENTASI MATEMATIS DAN KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA SMP DITINJAU DARI TAKSONOMI BLOOM
Abstract
Representasi matematis dibutuhkan untuk menyajikan ide-ide matematika. Kemampuan matematika siswa dapat dilihat dari bagaimana siswa merepresentasikan gagasannya atas suatu masalah matematis. Representasi yang digunakan siswa akan berbeda dengan siswa lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat representasi matematis dan kemampuan matematika siswa ditinjau dari Taksonomi Bloom. Metode yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan Representasi Matematis dan Kemampuan Matematika Siswa SMP ditinjau dari Taksonomi Bloom. Instrumen dalam penelitian ini terbagi menjadi dua yaitu instrumen utama yaitu peneliti sendiri dan instrumen pendukung yaitu lembar tes representasi matematis, lembar tes taksonomi Bloom, dan wawancara. Hasil menunjukkan bahwa secara keseluruhan kemampuan subjek dalam menyelesaikan masalah sistem persamaan linear dua variabel berbeda-beda. Hal ini terlihat dari masih terdapatnya proses penyelesaian yang belum terjawab dengan benar, meskipun representasi yang digunakan sudah tepat tetapi terdapat beberapa soal yang belum terjawab dengan benar. Sedangkan untuk kemampuan matematika yang ditinjau dari level Taksonomi Bloom, belum ada subjek yang mampu menyelesaikan soal level satu sampai enam secara berturut-turut dengan benar.AbstractMathematical representations are needed to present mathematical ideas. Students' mathematical ability can be seen in how students represent their ideas on a mathematical problem. The representation used by students will be different from other students. This study aims to see the mathematical representation and mathematical ability of students based on Bloom's Taxonomy. A descriptive qualitative method was used to describe the Mathematical Representation and Mathematical Ability of Junior High School Students based on Bloom's Taxonomy. In this study, the instruments were divided into two, namely the main instrument (the researcher himself) and the supporting instruments, namely the mathematical representation test, Bloom's taxonomy test, and interviews. The results show that the overall ability of students to solve the problem of linear equations of two variables is different. This can be seen in the process of solving the mathematical problems which have not been answered correctly. Although the representation is correct, several questions have not been answered correctly. As for the mathematical ability in terms of Bloom's Taxonomy level, no subject has been able to solve level one to six questions in a row correctly.