DIAGNOSTIK KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI ALJABAR

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa mengalami kesulitan belajar matematika pada materi aljabar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan belajar matematika siswa pada materi aljabar. Subjek dalam penelitian ini adalah dua orang siswa kelas VIII MTSS Al-Mukhlishin, Padang Sidempuan. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes diagnostik, dan wawancara. Dilakukan triangulasi data untuk menjamin keabsahan data sebelum dilakukan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ditemukan beberapa kesulitan belajar siswa. Seluruh kesulitan yang dialami oleh siswa dikelompokkan dalam tiga hal yaitu terletak pada kemampuan penyelesaian, kemampuan menggunakan konsep, serta prinsip dan operasi tanda yaitu positif dan negatif. AbstractThis study aims to see students' difficulty in learning algebra.  The subjects in this study include two classes of the 8th grade students of MTSS Al-Mukhlishin, Padang Sidempuan.  This study follows a qualitative descriptive research method.  Data collection techniques used were observation, diagnostic tests, and interviews.  Data triangulation was carried out to ensure the validity of the data before drawing conclusions.  The results of this study indicate that students have some learning difficulties.  All the difficulties experienced by students are grouped into three things, namely the ability to solve the algebra task, the ability to use concepts, as well as principles and sign operations, namely positive and negative.