ANALISIS KESULITAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMAHAMAN MATEMATIS PADA MATA KULIAH TEORI PELUANG

Abstract

Kesulitan belajar merupakan suatu kondisi dimana mahasiswa tidak dapat belajar dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kesulitan mahasiswa dalam menyelesaikan soal pemahaman matematis pada mata kuliah teori peluang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester VI tahun akademik 2020-2021 pada program studi pendidikan matematika yang mengambil mata kuliah teori peluang di IKIP PGRI Pontianak. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan wawancara dengan teknik pengumpul data menggunakan teknik pengukuran dan komunikasi langsung. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa dengan kemampuan tinggi (M1) mengalami sedikit kesulitan belajar yakni dalam menyelesaikan soal pemahaman matematis pada indikator instrumental. Selanjutnya untuk mahasiswa dengan kategori sedang (M2) kurang dalam memahami konsep peluang dan pemahaman instrumentalnya, sedangkan untuk pemahaman relasional nya baik. Pada mahasiswa dengan kategori rendah (M3) ditemukan tidak memahami konsep peluang khususnya terkait penulisan anggota ruang sampel dan peristiwa, tidak dapat menghitung nilai peluang, tidak memahami konsep integral sehingga salah dalam menentukan hasil akhir nilai ekspektasi, dan tidak memahami konsep fungsi kepadatan peluang. AbstractLearning difficulty is a condition where students cannot study well. The purpose of this study was to analyze students' difficulties in solving mathematical problems in probability theory courses. This is qualitative descriptive research. The subjects in this study were the sixth-semester students of the 2020-2021 academic year in the mathematics education study program who took the opportunity theory course at IKIP PGRI Pontianak. The research instruments used were tests and interviews with data collection techniques using measurement techniques and direct communication. The data analysis technique used is data reduction, data presentation, and conclusion. The results showed that students with a high ability (M1) experienced a little difficulty in learning, namely in solving mathematical understanding questions on instrumental indicators. Furthermore, students in the moderate category (M2) lack understanding of the concept of opportunity and its instrumental understanding, while relational understanding is good. It was found that students in the low category (M3) did not understand the concept of probability, especially regarding the writing of sample space members and events, could not calculate the probability value, and did not understand the integral concept so they were wrong in determining the final expected value, and did not understand the concept of the probability density function.