ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BERDASARKAN KEMAMPUAN AKADEMIK SISWA
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika berdasarkan kemampuan akademik. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA PGRI 2 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan instrumen yang digunakan berupa soal tes limit fungsi aljabar, pedoman wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: siswa berkemampuan tinggi melakukan kesalahan fakta sebesar 0%; kesalahan konsep sebesar 25%; kesalahan prinsip sebesar 25%; dan kesalahan prosedural sebesar 50%, siswa berkemampuan sedang melakukan kesalahan fakta sebesar 42,86%; kesalahan konsep sebesar 42,86%; kesalahan prinsip sebesar 85,71%; kesalahan prosedural 28,57%, dan siswa berkemampuan rendah melakukan kesalahan fakta sebesar 18,18%; kesalahan konsep sebesar 72,73%; kesalahan prinsip sebesar 72,73%; kesalahan prosedural sebesar 29,22%. Penyebab siswa melakukan kesalahan adalah kurangnya ketelitian dalam menjawab soal, kurangnya pemahaman siswa tentang konsep penyelesaian limit fungsi aljabar, serta kurangnya kemampuan siswa dalam mengoperasikan bentuk aljabar.AbstractThis study aims to see students' mistakes in solving math problems based on academic ability. The subjects in the study include students of class XI (the ninth grade) of IPA SMA PGRI 2 Padang. This is a descriptive study with a quantitative approach. The data collection techniques used were tests, interviews, and documentation, while the instruments used were algebraic function limit tests, interview guidelines, and documentation. The results of this study indicate that: high-ability students made factual errors by 0%; concept errors by 25%; principal errors by 25%; and procedural errors by 50%, moderately capable students made a factual error of 42.86%; concept error of 42.86%; principle error of 85.71%; procedural errors were 28.57%, and students with low ability made factual errors of 18.18%; concept error of 72.73%; principle error of 72.73%; procedural error of 29.22%. The causes of students making mistakes are the lack of accuracy in answering questions, the lack of understanding of the concept to solve algebraic functions, and the lack of students' ability to operate algebraic forms.