EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING BERBANTUAN MOODLE TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA DITINJAU DARI KARAKTER RASA INGIN TAHU DAN SELF-EFFICACY

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran daring berbantuan moodle terhadap prestasi belajar mahasiswa ditinjau dari karakter rasa ingin tahu dan self-efficacy. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti merupakan penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan yaitu Nonequivalent Control Group Design yang merupakan salah satu jenis desain penelitian dari Quasi Experimental Design. Populasi penelitian merupakan seluruh mahasiswa jurusan pendidikan matematika dan sampel penelitian adalah mahasiswa yang memprogram mata kuliah pembelajaran matematika SD. Teknik pengumpulan data terdiri dari tes tertulis, kuisioner, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari analisis data kevalidan dan analisis data keefektifan meliputi uji ketuntasan prestasi belajar, uji perbedaan rata-rata prestasi belajar, uji pengaruh karakter rasa ingin tahu dan self-efficacy terhadap prestasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran daring berbantuan moodle efektif meningkatkan prestasi belajar mahasiswa ditinjau dari karakter rasa ingin tahu dan self-efficacy dengan kriteria: (1) Proporsi ketuntasan belajar klasikal dapat dikatakan lebih dari 75 % mahasiswa memperoleh nilai 70 atau B , (2) Prestasi belajar mahasiswa pada kelas yang menggunakan pembelajaran daring berbantuan moodle terintegrasi karakter rasa ingin tahu lebih baik daripada prestasi belajar mahasiswa dengan pembelajaran konvensional, (3)Terdapat pengaruh karakter rasa ingin tahu (X1) dan self-efficacy (X2) secara bersama-sama terhadap prestasi belajar posttest (Y). Abstract  This study aims to determine the effectiveness of Moodle-assisted online learning on student learning achievement in terms of curiosity and self-efficacy. The research method used by researchers is quantitative research. The research design used is the Nonequivalent Control Group Design which is a type of research design from Quasi-Experimental Design. The research population is all students majoring in mathematics education and the research sample is students who are designing elementary mathematics learning courses. Data collection techniques consist of written tests, questionnaires, interviews, and documentation. Data analysis techniques consist of an analysis of validity data and analysis of effectiveness data including complete learning achievement tests, tests of differences in the average learning achievement, and tests of the influence of curiosity and self-efficacy characters on learning achievement. The results showed that Moodle-assisted online learning was effective in increasing student learning achievement in terms of curiosity and self-efficacy with the following criteria: (1) The proportion of classical learning completeness was seen to be more than 75% of students obtaining a score of 70 or B, (2) Learning achievement students in classes using moodle-assisted online learning integrated curiosity was seen better than student achievement with conventional learning, (3) There was an influence of the characters of curiosity (X1) and self-efficacy (X2) on learning achievement post-test (Y).