PENGEMBANGAN STRATEGI BLENDED LEARNING BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan produk pengembangan berupa strategi Blended Learning berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL). Prosedur penelitian mengacu pada desain penelitian pengembangan level 1 Sugiyono yaitu: (1) mencari potensi dan masalah, (2) studi literatur yang sejalan dengan pengumpulan informasi, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) desain teruji. Penelitian dilaksanakan di SMP Muhammadiah 61 Tanjung Selamat pada tahun ajaran 2021/2022. Validasi produk melibatkan ahli perangkat pembelajaran seperti RPP, buku panduan belajar dan buku panduan mengajar, ahli konten dan ahli desain instruksional. Keakuratan validasi di uji kepada responden sebagai pengguna produk pengembangan yang melibatkan siswa kelas IXA sebanyak 10 orang dan seorang guru matematika. Efektifitas pengembangan di uji kepada peserta didik dengan melihat hasil belajar siswa dan melibatkan kelas VIIIA sebanyak 30 orang. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, mulai dari analisis validasi desain instruksional, konten, RPP, panduan belajar dan mengajar, desain dinyatakan valid. Validasi desain instruksional memperoleh poin rata-rata penilaian 4.38 dari skor rata-rata maksimal 5.00. Validasi konten memperoleh poin rata-rata penilaian 4.19 dari skor rata-rata maksimal 5.00. Validasi dan penilaian RPP memperoleh poin rata-rata penilaian 4.24 dari skor rata-rata maksimal 5.00. Validasi Panduan Belajar memperoleh poin rata-rata penilaian 4.59 dari skor rata-rata maksimal 5.00. Panduan Mengajar memperoleh poin rata-rata penilaian 4.35 dari skor rata-rata maksimal 5.00. Selanjutnya penilaian keterlaksanaan pembelajaran berdasarkan observasi yang dilakukan menunjukkan bahwa pembelajaran terlaksana dengan sangat baik. Pembelajaran juga dinilai layak berdasarkan respon pengguna dengan presentase 100% dan dari uji efektifitas menggunakan N-Gain memiliki efektifitas yang tinggi dengan N-Gain (%) bernilai 72.809.