METODE PERKULIAHAN BAHASA ARAB YANG MENARIK DAN BERVARIASI MELALUI SISTEM PERKULIAHAN DARING
Abstract
Hampir semua instansi di Indonesia menerapkan metode online di tahun 2020 ini, pembelajaran dilakukan secara maksimal di WAG, Zoom, Google meet, Google Form dan lain sebagainya. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui bentuk perkuliahan bahasa Arab untuk meningkatkan kemampuan bahasa Arab mahasiswa STAI Yogyakarta yang ditandai dengan peningkatan keterampilan guru dalam menggunakan teknologi dan berbagai strategi pembelajaran bahasa Arab, keaktifan siswa dalam mengerjakan tugas yang diberikan dan keaktifan siswa dalam mengerjakan tugas yang diberikan. keterampilan bahasa arab. dengan menggunakan pendekatan berbasis media dan komunikatif serta metode langsung. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan diskusi kelompok melalui WAG. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dosen mengimplementasikan berbagai kegiatan perkuliahan secara kreatif melalui WAG dan Google Meet dengan variasi yang berbeda-beda. Diantaranya adalah kegiatan perkuliahan yang mengutamakan penguasaan Mufrodat yaitu penguatan hafalan kosakata dan ungkapan bahasa Arab dalam maharatul kalam. Maharotul Kalam sebagian besar menggunakan kegiatan perekam, catatan suara dan menjelaskan gambar dan benda nyata dalam bentuk video. Untuk penguasaan mufrodat selain video juga berupa permainan bahasa arab. Keaktifan dan kehadiran online meningkat setelah melakukan berbagai kursus online.