FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMAHAMAN SISWA PADA KONSEP SUHU DAN KALOR

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat faktor-faktor yang mempengaruhi pemahaman Siswa pada konsep suhu dan kalor. Penelitian mengunakan metode kualitatif pendekatan studi kasus dengan penekanan pada kajian-kajian kritis dan interpretatif tanpa mengabaikan telaah unsur-unsur empiriknya. Penelitian ini dilakukan pada bulan April sampai Mei tahun 2012 secara berkesinambungan. Pengumpulan data dengan menggunakan tes soal pilihan ganda beragumem yang diberikan kepada 30 siswa kelas X di SMA Pembangunan V Yapis Waena dan wawancara 1 orang guru dan 3 orang siswa yang terpilih secara purposive sesuai tingkatan prestasi tinggi,sedang dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman Siswa pada konsep suhu dan kalor masih lemah. Pemahaman konsep siswa kelas X untuk siswa tingkatan kelas tinggi pada konsep suhu dan pemuaian siswa paham hanya (50%). Sedangkan untuk konsep kalor dan perubahannya siswa paham hanya (16.67%). Selajutnya untuk konsep perpindahan kalor siswa paham hanya (33.33%). Kemudian untuk siswa tingkatan kelas sedang pada konsep suhu dan pemuaian siswa paham hanya (33.33%). Sedangkan untuk konsep kalor dan perubahannya siswa paham hanya (16.67%). Selajutnya untuk konsep perpindahan kalor siswa paham hanya (16.67%). Kemudian untuk siswa tingkatan kelas rendah pada konsep suhu dan pemuaian siswa paham hanya (33.33%). Sedangkan untuk konsep kalor dan perubahannya siswa paham hanya (16.67%). Untuk konsep perpindahan kalor siswa paham hanya (0%)