Peran Teknologi Pendidikan pada Pembelajaran PAI di Masa Pandemi Covid-19

Abstract

Adanya peristiwa atau wabah Covid-19 membawa dunia pada percepatan penggunaan teknologi dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut tidak dapat dihindari, dalam dunia pendidikan pun demikian terkhusus pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Pada penelitian kali ini kami menggunakan metode studi literatur dengan menelaah jurnal-jurnal yang berkaitan dengan teknologi pembelajaran dan relevan dengan keadaan pandemi Covid-19 sehingga didapatkan data-data yang dapat memperkuat penelitian kami. Pada penelitian kali ini akan dijabarkan bagaimana teknologi berperan dalam PAI dimasa pandemi Covid-19, selain itu disajikan manfaat, contoh-contoh media yang dapat digunakan dan juga dampak – dampak yang timbul dari pengimplementasian teknologi tersebut. Dari penelitian tersebut dihasilkan bahwa teknologi ini dapat dijadikan sebagai suatu media pembantu bagi seorang pendidik dalam pelaksanaan pembelajaran. Peran dari teknologi ini pada dasarnya juga harus di imbangi dengan adanya pemahaman atau penguasaan dalam pengimplementasiannya. Kemudian platfrom yang dapat membantu dalam proses pembelajaran daring yakni e-learning, google classroom, google meet, Zoom, Whatsapp, dsb. Media audiovisual (google meet dan Zoom) dirasa dapat berpeluang lebih maksimal dalam pembelajaran jika dalam teknisnya ditangani dengan baik. Sedangkan jika hanya media berbasis audio atau teks saja dirasa kurang memberikan kesempatan terjadi interaksi yang optimal. Akan tetapi untuk penugasan media audio dan teks ini lebih efisien dan mudah tersampaikan.