BOPAK (Book of Plans Akhlakul Karimah) Berbasis Barcode untuk Meningkatkan Akhlakul Karimah Kelas IV SD

Abstract

Perkembangan globalisasi menjadikan banyak peserta didik yang tidak mencerminkan akhlak mulia dan norma di negara Indonesia, serta syariat agama Islam banyak dicontoh oleh peserta didik melalui internet. Oleh karena itu, perlu adanya penguatan akhlak dan implementasi yang kuat agar tidak pudarnya nilai moral para penerus bangsa. Produk BOPAK (Book Of Plans Akhlakul Karimah) merupakan pengembangan media pembelajaran semi digital yang di dalamnya berisi materi mengenai akhlakul karimah, materi ini termuat dalam buku dan berupa video animasi yang dapat diakses dalam bentuk barcode. Buku ini juga bukan hanya berisikan materi saja namun terdapat sebuah misi penyelesaian pada setiap materi akhlakul karimah yang dapat dikerjakan peserta didik yang bertujuan untuk penguatan sikap akhlakul karimah bagi peserta didik. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui hasil dari validasi produk sebagai upaya peningkatan akhlakul karimah siswa kelas IV SD, (2) Mengembangkan pembelajaran yang tadinya berbasis buku konvensional menjadi media interaktif audio-visual berbasis semi digital dengan menggunakan barcode. Untuk pengumpulan data, penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian D&D (Design and Development Temuan menunjukkan bahwa media yang digunakan di SDN Trusmi Wetan 02 masih berupa konvensional. Strategi pengembangan berbasis barcode digunakan untuk membuat pengembangan media buku interaktif ini, yang terdiri dari multimedia audio visual interaktif. Produk akan divalidasi oleh beberapa ahli meliputi guru, dan peserta didik melalui tiga aspek penilaian, yaitu aspek media, pembelajaran, dan materi. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan terkait efektivitas penggunaan produk BOPAK oleh siswa dan guru, mayoritas mendapatkan nilai dengan kriteria sangat baik. Hal tersebut menyatakan bahwa media pembelajaran buku berbasis barcode ini sangat membantu sebagai sumber penanaman akhlakul karimah untuk siswa sekolah dasar berdasarkan konversi kriteria penilaian.