persepsi generasi millenial terhadap produk lembaga keuangan perbankan syariah di kota jambi
Abstract
Penelitian ini merujuk pada masyarakat Kota Jambi khususnya generasi millenial, generasi milenial dianggap sebagai generasi pertengahan yang secara usia telah matang dan melek terhadap perkembangan teknologi sehingga diharapkan dapat mewakili pandangan masyarakat di Kota Jambi. Penelitian ini melihat pengaruh persepsi dan preferensi generasi milenial terhadap produk lembaga keuangan perbankan syariah serta bagaimana persepsi dan preferensi generasi milenial dalam menentukan produk lembaga keuangan perbankan syariah. Observasi awal ditemukan fakta bahwa hampir 90% masyarakat di Kota Jambi khususnya generasi millenial memiliki rekening pada bank konvensional. Kualitas layanan dan promosi menjadi salah satu faktor penting dalam mengubah persepsi dan preferensi generasi millenial terhadap produk lembaga keuangan perbankan syariah. Penelitian ini memakai pendekatan deskriptif kuantitatif, menggunakan analisis regresi linear berganda, jumlah responden 150 orang. Hasil penelitian menjelaskan bahwa persepsi dan preferensi memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial dan simultan. Hasil Angket yang disebarkan terhadap generasi milenial mengungkapkan bahwa kurangnya informasi yang didapat oleh generasi milenial terhadap produk dan layanan lembaga keuangan dan kurang memadainya fasilitas ATM dan EDC saat berbelanja, sehingga hal yang dapat mengubah persepsi dan preferensi generasi milenial terhadap lembaga keuangan syariah ialah selalu melakukan sosialisasi, tingkatkan kualitas layanan dan memberikan informasi terhadap produk perbankan syariah serta memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi di era digital saat ini. Kata Kunci : Persepsi, Preferensi 3