Analisis Pelaksanaan Akreditasi Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MTs Pembangunan UIN Jakarta

Abstract

Akreditasi sekolah merupakan proses penilaian secara komprehensif terhadap kelayakan satuan pendidikan berdasarkan standar nasional pendidikan yang hasilnya diwujudkan dalam bentuk pengakuan dan peringkat kelayakan yang dikeluarkan oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta mendeskripsikan pelaksanaan akreditasi sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs Pembangunan UIN Jakarta dengan menggunakan mekanisme akreditasi sekolah dan komponen akreditasi. Adapun pedekatan dan metode pada penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan data hasil wawancara, observasi, dan studi dokumen. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik analisis kualitatif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik keabsahan data, peneliti menggunakan teknik triangulasi data dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan akreditasi sekolah di MTs Pembangunan UIN Jakarta sesuai dengan mekanisme yang telah ditentukan. Hasil Akreditasi yang diperoleh MTs Pembangunan UIN Jakarta dengan nilai akhir 97 berpredikat A (Unggul). Adapun tindak lanjut berupa program peningkatan mutu pendidikan yang dilaksanakan berdasarkan komponen standar nasional pendidikan