Kemampuan Menulis Anak Menggunakan Permainan Finger Painting pada Kelompok B PAUD Kasih Bunda Ateuk Lam Ura Aceh Besar

Abstract

Menulis adalah suatu keterampilan yang dapat dipelajari setelah aspek kemampuan lainnya dikuasai. kemampuan menulis dapat dilatih salah satunya dengan menggunakan permainan fingger painting. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana pelaksanaan permainan finger painting dalam meningkatkan kemampuan menulis dan kemampuan motorik halus  anak kelompok B  PAUD Kasih Bunda Aceh Besar, bagaimanakah peningkatan kemampuan menulis dan kemampuan motorik halus anak dengan menggunakan permainan finger painting pada kelompok B  PAUD Kasih Bunda Aceh Besar. Tujuannya adalah untuk mengetahui cara pelaksanaan permainan finger painting dalam meningkatkan kemampuan menulis dan kemampuan motorik halus PAUD Kasih Bunda Aceh Besar, Mengetahui peningkatan kemampuan menulis dan kemampuan motorik halus anak dengan penggunaan permainan finger painting. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Istrumen yang digunakan adalah lembar observasi, jumlah sampel adalah 10 anak  dan data dianalisis dengan menggunakan rumus presentase. Pada prasiklus kemampuan naturalis anak masih pada kategori belum berkembang 70% (7 anak). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada gambaran aktivitas anak pada siklus I jumlah presentase dengan kategori belum muncul 60%  (6 anak) kategori mulai muncul 20% (2 anak) kategori berkembang sesuai harapan 10%  (1 anak)  dan kategori berkembang sangat baik 10%  (1 anak). Sedangkan pada siklus II tidak ada kategori belum muncul, mulai muncul, kategori berkembang sesuai harapan adalah 30% ( anak) kategori berkembang sangat baik adalah 70% (7 anak) Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa permainan finger painting dapat meningkatkan kemampuan menulis anak