Penerapan Metode Bercerita dalam Mengembangkan Bahasa Pada Kalangan Anak Usia Dini
Abstract
Pendidikan adalah salah satu keperluan dasar bagi pembangunan sebuah negara, karena setiap negara maju didasari oleh perkembangan pendidikan yang berkualitas. Pendidikan anak usia dini dilaksanakan secara menyeluruh dalam berbagai aspek melalui kegiatan pembelajaran yang menyenangkan, kreatif serta bermakna. Salah satu aspek yang dikembangkan dalam pendidikan anak usia dini adalah aspek bahasa, sehingga perlu adanya stimulasi dan pengembangan yang kaya terhadap bahasa yang dapat memberikan kontribusi penting dalam proses komunikasi anak dan membuat anak menjadi mahir berbahasa dalam berbagai kondisi dan situasi. Melalui penelitian ini peneliti telah meninjau proses pembelajaran dengan menggunakan metode bercerita untuk mengembangkan bahasa anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan bahasa anak usia dini melalui metode bercerita. Metode bercerita adalah sebuah strategi pembelajaran yang juga merupakan suatu keterampilan bahasa secara lisan yang bersifat produktif dalam mengembangkan bahasa anak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi yang diamati pada tiga orang anak. Obsevasi dilakukan berdasarkan enam aspek perkembangan selama tujuh hari pembelajaran. Hasil penelitian ini telah menunjukkan bahwa dampak metode bercerita terhadap pengembangan bahasa anak meningkat yang mana hasil tersebut dapat dilihat dari nilai pencapaian yang meningkat pada tahap berkembang sesuai harapan (BSH) dan berkembang sangat baik (BSB). Implikasi penelitian ini adalah metode bercerita dapat digunakan untuk mengembangkan berbagai aspek perkembangan anak usia dini.