Mengembangkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Media Loto pada Anak Kelompok A di TK Al-Aqsha Meureudu Kabupaten Pidie Jaya

Abstract

Adapun isi dari karya ilmiah ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kemampuan mengenal lambang bilangan melalui media loto pada anak usia 4-5 tahun di TK Al-Aqsha Meureudu, Kabupaten Pidie Jaya. Jenis penelitian yang penulis lakukan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi dengan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian, pertama perkembangan kemampuan mengenal lambang bilangan melalui media loto pada tahap pra tindakan yang Belum Berkembang (BB) 9 anak (45%), Mulai Berkembang (MB) 6 anak (30%), selanjutnya Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 5 anak (25%), dan Berkembang Sangat Baik (BSB) belum ada. Hasil penelitian perkembangan mengenal lambang bilangan pada siklus I yaitu Belum Berkembang (BB) 4 anak (20%), Mulai Berkembang (MB) 7 anak (35%), Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 9 anak (45%), sedangkan Berkembang Sangat Baik (BSB) belum ada. Kemudian pada siklus II tidak ada lagi anak yang Belum berkembang (BB), Berkembang Mulai (MB) 1 anak (5%), Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 3 anak (15%), dan Berkembang Sangat Baik (BSB) 16 anak (80%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan media loto dapat mengembangkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak.