ANALISIS OPTIMALISASI DAMPAK PEMBINAAN CITRA PRODUK IKM TERHADAP DAYA SAING UMKM KABUPATEN CIANJUR

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini dilatar belakangi oleh adanya pembinaan terhadap Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai produsen Industri Kecil Menengah (IKM) melalui  program pembinaan fasilitasi yang telah diselenggarakan oleh DISKOPERDAGIN Kabupaten Cianjur terhadap UMKM dalam rangka meningkatkan citra produk IKM. Pembinaan yang telah diberikan berupa pembinaan fasilitasi untuk meningkatkan daya saing produk IKM melalui upaya peningkatan citra produk yang meliputi pembinaan fasilitasi P-IRT, label halal, desain kemasan, dan pendaftaran HAKI merek dagang. Tujuan penilitian ini adalah untuk menganalisis Optimalisasi dampak pembinaan citra produk IKM terhadap daya saing UMKM Kabupaten Cianjur (Studi Kasus Pembinaan UMKM pada DISKOPERDAGIN Kabupaten Cianjur). Pendekatan penelitian bersifat penelitian kualitatif dan kuantitatif, dengan metode penelitian analisis deskriptif. Data dikumpulkan melalui studi kepustakaan, observasi partisipatif dan wawancara selama melakukan Kuliah Kerja Lapangan. Temuan penelitian menyimpulkan bahwa pembinaan fasilitasi yang diberikan DISKOPERDAGIN dalam meningkatkan daya saing produk melalui pembinaan citra produk UMKM, seperti pembinaan fasilitasi  PIRT,label halal, kemasan dan merek dagang ,nampak masih belum optimal untuk meningkatkan daya saing produk UMKM Kabupaten Cianjur, karena   secara kuantitatif  cakupan pembinaan fasilitasinya masih terbatas. ABSTRACTThis research is motivated  by  implementation program of fasilitation for enchance competitive advantage of Cianjur IKM’S product. The scope area program are fasilitation for PIRT sertificate, Halal’S label, Packaging Design, and Brand Register product.  The aims of this research  to analyze optimalization  impact of implementation DISKOPERDAGIN fasilitation program to enchance  product competitive advantage of  Cianjur IKM product. The methodology of this research are  quantitative and qualitative research, with a descriptive analysis research method. Data was collected through literature study, par ticipatory observation and interviews was conducted during the KKL program in DIS KOPERDAGIN Cianjur District. Conclution of the research, that impact DISKOPERDAGIN fasilitation program to enchance IKM product’S competitive advantage not yet. Qualitative that fhenomena condition occur from limited number participant program fasilitation coverage.