MINAT BELI KONSUMEN DI TOKO TEKSTIL IBU YULI SUKANAGARA CIANJUR DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA
Abstract
ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh secara parsial dan simultan dari kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen di Toko Tekstil Ibu Yuli Sukanagara Cianjur.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif asosiatif. Pengambilan sampel penelitian ini dilakukan dengan teknik random sampling dengan total sampel sebanyak 64 dengan menggunakan analisis regresi berganda. Data penelitian merupakan data primer yang diperoleh melaui kuesioner sebagai instrumen penelitian. Data diolah dengan bantuan instrument olah data SPPS versi 25. Hasil penelitian menyimpulkan, secara parsial kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap terhadap minat beli konsumen , sedangkan untuk variabel kualitas produk, tidak berpengaruh signifikan Namun demikian, secara simultan variabel kualitas pelayanan dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen . Hal ini dibuktikan dari hasil uji t dan uji F. Untuk variabel kualitas pelayanan, diperoleh nilai t hitung lebih besar dari t table (2,931 > 2,000) dengan nilai signifikansi lebih kecil daripada 0,05 (0,005 < 0,05) dan untuk variabel kualitas produk diperoleh nilai t hitung lebih kecil daripada t tabel (1,638 < 2,000) dengan nilai signifikansi lebih besar daripada 0,05 (0,107 > 0,05). Hasil uji F (uji simultan), diperoleh nilai Fhitung lebih besar daripada Ftabel (21,565 > 3,15) dengan nilai signifikansi lebih kecil daripada 0,05 (0,000<0.005). Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi R2, besarnya pengaruh variabel kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen sebesar 41,4% sedangkan sisanya sebesar 58,6% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar variabel yang diteliti. ABSTRACKThis study aims to: examine the partial and simultaneous effect of service quality and product quality on consumer buying interest at the Textile Shop Mrs. Yuli Sukanagara Cianjur. The approach used in this study is a quantitative approach with associative descriptive research methods. The sampling of this research was done by random sampling technique with a total sample of 64 using multiple regression analysis. Research data is primary data obtained through a questionnaire as a research instrument. The data is processed with the help of SPPS ver 25 data processing instrument. The results of the study conclude, partially service quality has a significant effect on consumer buying interest, while for product quality variables, it has no significant effect. However, simultaneously service quality and product quality variables have a significant effect on consumer buying interest. This is evidenced from the results of the t-test and F-test. For the service quality variable, the t-count value is greater than the t-table (2.931 > 2,000) with a significance value less than 0.05 (0.005 < 0.05) and for the quality variable the product obtained t arithmetic value is smaller than t table (1.638 < 2,000) with a significance value greater than 0.05 (0.107 > 0.05). The results of the F test (simultaneous test), the Fcount value is greater than Ftable (21.565 > 3.15) with a significance value less than 0.05 (0.000 <0.005). Based on the results of the coefficient of determination R2, the magnitude of the influence of service quality and product quality variables on consumer buying interest is 41.4% while the remaining 58.6% is influenced by other factors outside the variables studied