PENGARUH TINGKAT RELIGIUSITAS DAN PENGETAHUAN TERHADAP MINAT MENJADI NASABAH DI BANK SYARIAH PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UNIVERSITAS SURYAKANCANA CIANJUR
Abstract
ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat religiusitas dan pengetahuan terhadap minat menjadi nasabah di bank syariah pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Suryakancana. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode deskriptif dan asosiatif. Pengambilan sampel menggunakan metode random sampling dengan total sebanyak 86 menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menyatakan bahwa Tingkat Religiusitas berpengaruh secara signifikan terhadap Minat Menjadi Nasabah, dengan hasil uji T yang menunjukkan thitung > ttabel yaitu 2,099 > 1,992 dengan nilai signifikansi sebesar 0,039 < 0,05. Dan Pengetahuan berpengaruh secara signifikan terhadap Minat Menjadi Nasabah, dengan hasil uji T yang menunjukkan thitung > ttabel yaitu 8,219 > 1,992 dengan nilai signifikansi 0,000< 0,05. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa variabel tingkat religiusitas dan pengetahuan berpengaruh signifikan dan berarah positif terhadap minat menjadi nasabah di Bank Syariah pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Suryakancana Cianjur. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian parsial (Uji F) pada tingkat religiusitas dan pengetahuan diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000 dan nilai Fhitung sebesar 56,447. Hasil tersebut menunjukan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 dan Fhitung> Ftabel yaitu 56,447 > 3,105 dengan demikian Ha3 diterima dan Ho3 ditolak. ABSTRACTThis study aims to determine the effect of the level of religiosity and knowledge on the interest in becoming a customer in a islamic bank in students of the Islamic Economics and Business Faculty, Suryakancana University. This study uses a quantitative approach, descriptive and associative methods. Sampling using random sampling method with a total of 86 using multiple linear regression analysis. The results of the study stated that the level of religiosity had a significant effect on Interest in Becoming a Customer, with the results of the T test showing t count > t table, namely 2,099 > 1,992 with a significance value of 0.039 < 0.05. And Knowledge has a significant effect on Interest in Becoming a Customer, with the results of the T test showing tcount > ttable, namely 8.219 > 1.992 with a significance value of 0.000 <0.05. Based on the results of the study, it can be concluded that the variables of the level of religiosity and knowledge have a significant and positive effect on the interest in becoming a customer at Islamic Banks in students of the Islamic Economics and Business Faculty, Suryakancana University, Cianjur. This is evidenced by the results of the partial test (F-test) on the level of religiosity and knowledge obtained a significant value of 0.000 and an Fcount of 56.447. These results show a significant value of 0.000 <0.05 and Fcount> Ftable that is 56.447> 3.105, thus Ha3 is accepted and Ho3 is rejected.