AL-SAYYID MUHAMMAD IBN AL-'ALAWI AL-MALIKI AND ITS CONTRIBUTIONS TOWARDS SUMMARY OF THE MUSTALAH HADITH

Abstract

Tulisan ini mengulas seorang muḥaddiṡ yang memiliki karya terkait mukhtaṣar muṣṭalaḥ al-ḥadiṣ, yaitu Muḥammad ibn ‘Alawī dengan kitabnya yang bertajuk Al-Qawā’id Al-Asāsiyyah Fī Al-‘Ilmi Al-Musṭalaḥ Al-Ḥadīṡ. Tujuan tulisan ini adalah untuk mengetahui kaidah muṣṭalaḥ al-ḥadiṣ yang ada di dalam kitab tersebut dan kontribusi pengarangnya dalam peringkasan muṣṭalaḥ al-ḥadiṣ. Dalam mencari tahu kontribusinya, tulisan ini menghadirkan empat kitab serupa dalam segi pembahasan agar dicarikan persamaan maupun perbedaan isi dan jumlah kaidahnya. Sehingga penulis menggunakan metode penelitian kepustakaan dengan pendekatan komparatif. Tulisan ini menghasilkan perbedaan dan persamaan antara kitab yang dikaji dengan 4 kitab pembandingnya. Seperti kaidah riwāyah dan dirāyah hanya terdapat pada kitab yang dikaji dan tidak ditemukan pada 4 kitab pembanding kecuali al-Manhaj al-Ḥadīṣ, tetapi di dalamnya hanya menyebutkan dirāyah tanpa riwāyah. Kemudian pada bagian laṭā’if al-isnād, kitab yang dikaji hanya menyebutkan kaidah al-isnād al-‘ālī wa al-nāzil, al-musalsal, dan al-mudabbaj, sama persis dengan kitab al-baiqūniyyah.AbstractThis paper reviews a muḥaddis who has works related to mukhtaṣar muṣṭalaḥ al-ḥadiṣ, namely Muḥammad ibn 'Alawy with his book entitled Al-Qawā'id Al-Asāsiyyah Fī Al-'Ilmi Al-Musṭalaḥ Al-Ḥadīṡ. The purpose of this paper is to find out the rules of muṣṭalaḥ al-ḥadiṣ contained in the book and the contribution of the author in summarizing muṣṭalaḥ al-ḥadiṣ. In finding out his contribution, this paper presents four similar books in terms of discussion so that similarities and differences in content and number of rules are sought. So that the author uses a library research method with a comparative approach. This paper produces differences and similarities between the books studied and the 4 comparison books. Such as the rules of riwāyah and dirāyah are only found in the books studied and are not found in the 4 comparison books except al-Manhaj al-Ḥadīṣ, but in it only mentions dirāyah without riwāyah. Then in the lat}ā'if al-isnād section, the book studied only mentions the rules of al-isnād al-'ālī wa al-nāzil, al-musalsal, and al-mudabbaj, the same exactly with the book al-baiqūniyyah.