Pemetaan penelitian pemasaran perpustakaan di google scholar menggunakan vosviewer
Abstract
Banyaknya hasil penelitian pemasaran perpustakaan yang dipublikasikan pada jurnal open aceess dan dimuat dalam database yang memberikan akses gratis seperti Google Scholar perlu dilakukan evaluasi. Analisis Bibliometrik menjadi indikator pengevaluasian hasil penelitian untuk mengetahui interaksi antara ilmu pengetahuan dan teknologi, memetakan suatu bidang ilmu tertentu, serta melihat perkembangan pengetahuan baru dalam bidang tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pemetaan perkembangan penelitian permasaran perpustakaan yang terindeks di Google Scholar, menganalisis topik yang berkaitan dengan pemasaran perpustakaan, dan mengidentifikasi para peneliti yang pernah mengkaji topik tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis tematik sebagai metode analisis data. Penelitian ini memanfaatkan aplikasi Publish or Perish (PoP) untuk mengumpulkan data penelitian dari hasil penelitian yang terindeks di Google Scholar dengan memasukkan kata kunci “Pemasaran Perpustakaan”. Penentuan sampel dilakukan dengan melakukan penyaringan pada publikasi berbentuk artikel jurnal yang terbit dari tahun 2011-2021. Data penelitian dianalisis menggunakan bantuan aplikasi VOSviewer. Hasil pemetaan berdasarkan kata kunci menggambarkan adanya keterkaitan antara pemasaran perpustakaan dan manajemen dan ditemukan artikel berjudul “Manajemen Pemasaran Perpustakaan Bung Karno”. Diketahui pula penelitian mengenai pemasaran perpustakaan telah dilakukan sejak tahun 2012-2018 oleh 14 peneliti.