Kesiapan perpustakaan perguruan tinggi dalam mendukung proses pembelajaran secara daring

Abstract

Tulisan ini mencoba mengupas tentang kesiapan perpustakaan perguruan tinggi dalam menunjang proses pembelajaran jarak jauh pasca ditetapkannya kebijakan karena pandemic COVID-19 di perpustakaan pusat Kandaga Universitas Padjadjaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara serta studi kepustakaan. Subjek dalam penelitian adalah pustakawan perpustakaan pusat kandaga UNPAD dan yang menjadi objek dalam penelitiannya adalah kegiatan layanan perpustakaan. Teknik analisis datanya dilakukan tahap reduksi data, penyajian data serta tahap pengambilan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian kesiapan perpustakaan dalam mendukung pembelajaran jarak jauh dalam penelitian ini dilihat dari aspek sumber daya manusia yakni pustakawan, aspek koleksi serta fasilitas pendukungnya. Untuk aspek sumber daya manusia dalam mendukung proses pembelajaran jarak jauh perpustakaan pusat kandaga Unpad telah menyiapkan tenaga pustakawan berdasarkan pengelompokkan fakultas yang ada di UNPAD, untuk koleksi perpustakaan telah menyediakan berbagai koleksi digital baik dalam bentuk e-book, e journal serta berbagai koleksi digital laiunnya, sedangkan untuk fasilitas layanan selain dilakukan dengan menyediakanwebsite unpad juga menyediakan layanan yang berbasis media sosial seperti whatsapps, instagram serta beberapa media sosial lainnya.