Bimbingan Psikososial Orang Tua dan Penyuluhan Sosial Edukatif untuk menurunkan Kecanduan Gadget Siswa

Abstract

Gadget merupakan teknologi modern yang banyak digunakan oleh manusia. Adanya gadget memudahkan kita untuk berinteraksi dan berkomunikasi jarak jauh, jika penggunaannya berlebihan tanpa adanya kontrol bisa memberikan efek negative terhadap penggunanya terlebih jika penggunanya merupakan anak -anak. Oleh karena itu, peran orang tua sangat penting dalam memberikan dan melakukan pengawasan dalam penggunaan gadget pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan mengetahui dampak penggunaan gadget pada anak; memahami faktor-faktor yang mendukung dan menghambat orang tua dalam mengatasi perilaku anak dalam penggunaan gadget; serta Mengetahui dan memahami peran orang tua terhadap anak dalam penggunaan gadget. Tujuan dari kegiatan ini untukmemberikan bimbingan psikososial kepada orang tua terkait pola asuh dan mengatur penggunaan gadget pada anak dan penyuluhan sosial edukatif kepasa siswa dalam rangka menurunkan kecanduan gadget. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah observasi wawancara, dokumentasi. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa orang tua mengetahu bagaimana pola asuh yang sesuai dan pengaturan penggunaan gadget pada anak serta anak memahami dampak negative dari penggunaan gadget.